Senin, 02 Juli 2018

BOLEHKAH MENGONSUMSI HERBAL?



BOLEHKAH MENGONSUMSI OBAT HERBAL?



3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Mengonsumsi jamu dan obat-obatan herbal sebagai alternatif pelengkap dari obat sintetik (baik resep maupun nonresep) sebenarnya boleh dilakukan. Obat herbal racikan berupa rebusan relatif aman karena zat-zat toksik yang mungkin terkandung (misalnya, daun singkong mengandung sianida) sudah mengalami perubahan struktur kimia sehingga aman untuk dikonsumsi. Obat herbal racikan dengan metode lain harus selalu dipertanyakan keamanannya.

Tapi suplemen herbal biasanya baru menampakkan manfaatnya jika dikonsumsi rutin dalam jangka panjang. Karena itu obat herbal sebaiknya hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, atau menurunkan risiko dari penyakit — bukan untuk menyembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit dibutuhkan obat resep dokter.
Hanya saja, perhatikan dosis dan waktu penggunaan jamu herbal jika Anda sedang menggunakan obat lain. Obat-obatan herbal jangan diminum sebelum obat medis untuk menghindari risiko interaksi senyawa kimia, dan sebaiknya dikonsumsi 1-2 jam setelah obat medis.
Suplemen herbal juga tidak bisa diminum sembarangan karena reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda satu sama lain. Meski punya keluhan sama, belum tentu obat herbal yang ternyata cocok untuk Anda akan memberikan khasiat yang sama pada anak atau tetangga Anda.
SUMBER: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-herbal-aman-dikonsumsi-tidak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar