Sabtu, 09 Juni 2018

HERBAL

APA ITU HERBAL?

Mengenal Definisi Dan Pengertian Herbal Menurut Para Ahli
Herbal berasal dari kata herba yang berarti tanaman. Pengertian ini menjadi lebih luas dengan mengaitkan manfaat atau kegunaan dari tanaman tersebut untuk pengobatan. Jadi pengertian atau definisi dari herbal adalah tanaman atau tumbuhan dari berbagai jenis dimana kandungan atau bahan yang terkandungnya mempunyai manfaat untuk mengobati.

Tanaman herbal ini dikenal juga dengan tanaman obat atau tanaman alternatif karena fungsi dan manfaat nya sebagai alternatif dari pengobatan kimia atau obat-obatan dokter.

Namun dewasa ini pengertian herbal menjadi lebih luas, dimana herbal tidak hanya berasal dari tanaman saja, tetapi juga bisa berasal dari hewan. Misalnya seperti teripang atau gamat yang diambil ekstraknya untuk pengobatan alami.

Berdasarkan pengertian dari Herbal, maka obat herbal dapat diartikan sebagai obat yang berasal dari tanaman atau hewan yang memberikan kegunaan sebagai pengobatan. Karena sudah disebut sebagai obat maka tanaman atau hewan ini sudah diambil bagian tertentu biasanya saripati atau ekstraknya yang sudah dimurnikan dan melalui proses pemurnian.

Prinsip utama dari obat herbal yang membedakan dengan obat kimia modern adalah proses pembuatannya atau peracikannya. Obat-obat modern sekarang sebagian juga berasal dari tanaman herbal, namun proses pembuatannya dilakukan di laboratorium modern dan sering ditambahkan dengan zat sintetis kimia lainnya yang biasanya fungsinya mempercepat proses.

Berbeda dengan obat-obat modern, obat herbal peracikannya disesuaikan dengan kaidah dasar turun menurun yang tidak memasukkan zat kimia lain. Jadi obat yang dihasilkan tetap murni. Saat ini proses pembuatan obat herbal juga sudah menggunakan teknologi modern, namun kaidah akan kemurnian zat nya tetap dijaga.

Oleh karena itu jika ada obat yang berasal dari tanaman atau hewan walaupun dilakukan secara konvensional, namun dalam prosesnya mencampurkannya dengan zat kimia lain, maka obat tersebut tidak bisa disebut obat herbal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar